Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Capai 97 Persen, Realisasi Belanja Era Firli Bahuri dkk Tertinggi Sejak KPK Berdiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 09 Februari 2023, 16:18 WIB
Capai 97 Persen, Realisasi Belanja Era Firli Bahuri dkk Tertinggi Sejak KPK Berdiri
Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK, Cahya H. Harefa/Repro
rmol news logo Realisasi belanja Tahun Anggaran (TA) 2022 era kepemimpinan Firli Bahuri dkk merupakan tertinggi sejak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berdiri. Bahkan, KPK saat ini pun memperoleh capai setoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) tertinggi.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK, Cahya H Harefa, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR RI di Komplek Senayan Jakarta, Kamis (9/2).

Cahya mengatakan, per akhir Desember 2022, realisasi belanja KPK TA 2022 adalah sebesar Rp 1,26 triliun. Jumlah itu merupakan 97 persen dari pagu anggaran sekitar Rp 1,3 triliun. Realisasi belanja itu terdiri dari belanja pegawai mencapai 99 persen, belanja barang 92 persen, dan belanja modal 98 persen.

"Dapat kami laporkan bahwa di era kepemimpinan yang saat ini, bisa mencapai realisasi yang tertinggi sejak KPK berdiri yaitu 97 persen," ujar Cahya.

Selain itu, PNBP tahun 2022 mencapai Rp 439,7 miliar dari target Rp 141,7 miliar. PNBP tertinggi tersebut diterima dari penerimaan tindak pidana korupsi sebesar Rp 417,4 miliar, selebihnya berasal dari PNBP umum yaitu Rp 19 miliar dan Rp 3,3 miliar dari gratifikasi.

"Adapun pada tahun 2022 ini terdapat peningkatan nilai PNBP sebesar Rp 193,4 miliar dibandingkan dengan PNBP tahun sebelumnya yaitu tahun 2021," pungkas Cahya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA