Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menikmati Penerbangan 25 Jam Jakarta - New York

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/ilham-bintang-5'>ILHAM BINTANG</a>
OLEH: ILHAM BINTANG
  • Senin, 06 Februari 2023, 09:47 WIB
SETELAH menempuh perjalanan 14 jam 40 menit dari Doha, Qatar, pesawat berbadan lebar Qatar Airways, QR 705 mendarat mulus di Bandara John F Kennedy (JFK), New York City, Amerika Serikat. Tepatnya, Jumat (3/2) malam pukul 22.40 waktu setempat. Atau, Sabtu (4/2) pukul 10.40 WIB. Itu berarti perjalanan Jakarta ke New York menelan waktu sekitar 25 jam.
 
Sebelumnya, pesawat Qatar QR 959 yang menerbangkan kami ke Doha lepas landas Jumat (3/2) pagi pukul 08.45 WIB dari Bandara Soekarno - Hatta. Penerbangan ditempuh 8 jam, dan dua jam transit di Hamad International Airport Doha, Qatar, untuk ganti pesawat.

Inilah untuk pertama kali perjalanan saya menelan waktu selama itu, setelah masa pandemi. Sebelum ini, " latihannya" hanya ke Singapura, Kuala Lumpur, dan paling jauh Melbourne, Australia, yang waktu tempuhnya "hanya" 7 jam.

Persoalannya, pandemi belum benar-benar reda. Di Indonesia, Presiden Jokowi baru mencabut PPKM (Peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) dan tetap disarankan menaati protokol kesehatan. Begitu pun dengan Presiden AS Joe Biden baru akan mencabut aturan Covid-19 di AS bulan Mei yang akan datang.
 
Dalam urusan ledakan kasus Covid-19 negeri Paman Sam kampiunnya. Penularan mencapai 102 juta kasus dan menelan korban 1,1 juta jiwa meninggal. Malah, hingga 3 Februari, penularan Covid-19 di AS masih 64.375 kasus. Secara harian dalam seminggu, rerata 44.255 kasus. Di New York sendiri selama pandemi tercatat 3.2 juta kasus, 44.765 yang meninggal. Sampai 3 Februari masih ada 2.192, kasus harian rerata 2.096.

Maka, perjalanan ke AS ini memang harus ekstra waspada. Selain menaati protokol kesehatan tadi, tentu wajib memperbanyak doa.
 
Kunjungan ke New York kali ini "diprovokasi" putra kami dr Yassin Mohammad dan istrinya, dr Abigail Audy yang memimpin Klinik Keluarga Indonesia, Bamed. Klinik Bamed mensupport Kami., salah satu dari jenama (brand fesyen) Indonesia yang akan tampil di New York Fashion Week yang berlangsung 9 hingga 14 Februari.

Kami. membawa koleksi Charaka yang terinspirasi dari kekayaan lokal, yaitu Kain Tapis Lampung.  Pekan Mode New York merupakan pagelaran pekan mode yang diselenggarakan pada bulan Februari dan September setiap tahunnya di New York City, Amerika Serikat. Pekan mode ini merupakan salah satu dari "empat besar" dunia (bersama dengan Paris, London, dan Milan).

Tiga Sekawan

Kami. dimotori oleh tiga sekawan sejak SMA, yaitu Istafiana Candarini, Nadya Karina, dan Afina Candarini kemudian meminta dukungan Bamed. Mereka meyakini NYFW merupakan panggung efektif untuk memasarkan produk busana Muslim ke dunia internasional. Point ini yang memprovokasi: Meletakkan Busana Muslim dalam peta mode dunia. Ideal sekali. Memang butuh  support berbagai pihak.

Seat saya di pesawat beruntung flatbed, berfungsi tempat tidur sekaligus. Kebetulan hari itu deretan kiri kanan banyak kosong, sehingga selain berjarak bisa cepat tidur pulas. Dari Doha- New York lebih lapang lagi, Qatar menyediakan seat selain flatbed juga pakai pintu segala, yang menjamin nyaman tidur selama penerbangan. Sama sekali tidak merasakan guncangan. Hal lain yang patut diapresiasi: tepat waktu dan keramahtamahan awak kabinnya melayani. Wajar Qatar Airways mengantongi medali tujuh kali berturut sebagai maskapai terbaik dunia.

Hampir seluruh negara di dunia memang menganggap pandemi telah berakhir. Diukur dari penurunan jumlah kasus yang cukup signifikan dan secara kualitatif tidak lagi berdampak buruk.  Tapi tetap saja harus tahu diri. Saat check in di Bandara Soekarno Hatta, petugas Qatar Airways pun tetap memeriksa riwayat vaksinasi penumpang.  

Musim Dingin

Ini juga kali pertama saya masuk Amerika pada saat musim dingin (winter). Sabtu (4/2) pagi saat tiba di New York, saya mencoba tes tingkat kedinginan dengan keluar hotel. Dinginnya ternyata masih menusuk. Sinar matahari  memang cerah namun tidak bisa menghalau hawa dingin. Padahal, pakaian yang dikenakan sudah berlapis - lapis. Mulai dari long john, sweater sampai jacket/coat. Angin yang sesekali bertiup kencang membuat kulit wajah terasa kebas. Maklum saja cuaca minus 14 derajat celcius.

Saya pertama kali ke negeri Paman Sam tahun 1991. Tujuan Los Angeles, California. Waktu itu bersama Prof Salim Said, tokoh pers Rosihan Anwar, dan wartawan/redaktur kebudayaan Harian Pos Kota, Dimas Supriyanto ditugaskan pemerintah mengawal film produksi nasional " Bibir Mer" karya sineas Arifin C Noer yang ikut berkompetisi di seksi film berbahasa asing di Piala Oscar.  

Di AS masuk musim semi. Tidak serepot sekarang menyiapkan perbekalan baju dingin. Begitu juga dengan dua kunjungan berikutnya. Seperti saat ke Hawai menghadiri pernikahan putri Raja Sinetron pasangan Raam - Raakhe Punjabi tahun 2011. Juga musim semi. Acara perkawinannya saja di alam terbuka di pantai Hawai.

Kunjungan berikutnya pada tahun 2013. Karena musim semi kami leluasa jalan- jalan ke belasan negara bagian AS di Pantai Timur. Lalu terbang 6 jam ke Los Angeles negara bagian AS  di Pantai Barat.

Dua Kali Matahari Terbit dan Terbenam

Masih lekat dalam ingatan trip di tahun 1991 sangat mengesankan karena memiliki daya tarik sendiri. Waktu itu kami menumpang  pesawat Garuda Indonesia rute Jakarta- Denpasar- Biak - Honolulu - Los Angeles.

Rute Garuda ini istimewa karena selama penerbangan kita menikmati fantasi dua kali matahari terbit dan dua kali matahari terbenam. Pesawat Garuda juga masih menyediakan beberapa kursi smoking area. Meskipun duduk di kursi ekonomi yang sempit dan kaku, dengan penerbangan 24 jam tetap enjoy karena boleh merokok. Sayang rute itu sudah lama stop.

Bersama 7 Brand Indonesia

Kembali ke New York Fashion Week.  Kami. merupakan satu dari 7 brand fesyen Indonesia yang akan tampil di New York Fashion Week. Keberangkatan 7 jenama Indonesia itu mendapat sokongan resmi pemerintah. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan awal minggu melepas keberangkatan 7 jenama Indonesia itu. Yakni : Kami., Buttonscarves, Zeta Privé, AM by Anggiasari, Lenny Hartono, Nada Puspita, dan Ayu Dyah Andari x BT Batik Trusmi.

Tak cuma itu, Mendag pun menugaskan khusus Sekjen Kemendag, Suhanto, untuk mengawal langsung misi meletakkan produk Indonesia untuk merintis jalan jenama Indonesia diperhitungkan di peta fesyen dunia.  

Di hari pertama di New York saya manfaatkan kesempatan berkunjung ke Masjid Al Hikmah di daerah Queens bersilaturahmi dengan Imam Shamsi Ali, pengasuh masjid itu. Setelah itu mengunjungi Masjid Nurul Amin Mukminin yang hari itu mengadakan kajian agama bersama Ustadz Arifin Jayadiningrat diikuti puluhan jamaah. Saya bersilaturahmi dengan pemilik dan pengasuh masjid itu, Amir Samaila dan Syaiful Hamid.

Shamsi, Amir, dan Syaiful kebetulan ketiganya asal Sulawesi Selatan. Semula ketiganya merupakan pengasuh Masjid Al Hikmah. Kemudian mengembangkan pendirian masjid di banyak tempat di New York. Mereka itulah antara lain yang berjasa mengenalkan ajaran Islam Rahmatan Lil Alamin di masyarakat New York yang majemuk. Semoga misi Kami. mengenalkan busana Muslim menambah syiar Islam di negeri Paman Sam. rmol news logo article

Penulis adalah wartawan senior

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA