Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sargam Koushal dari Jammu Memenangkan Mahkota Mrs. World 2022 di Las Vegas

OLEH: VEERAMALLA ANJAIAH*

Jumat, 30 Desember 2022, 07:45 WIB
Sargam Koushal dari Jammu Memenangkan Mahkota Mrs. World 2022 di Las Vegas
Sargam Koushal/Net
SETELAH 21 tahun, India akhirnya menjadi pemenang dalam kontes Mrs. World 2022 di Las Vegas, Amerika Serikat. Kemenangan tersebut diraih setelah satu tahun Harnaaz Kaur Sandhu dari India memenangkan mahkota Miss Universe 2021 di Eilat, Israel.

Sargam Koushal, seorang wanita berusia 32 tahun dari Jammu dan Kashmir, dinobatkan sebagai Mrs. World 2022 pada tanggal 17 Desember dalam acara penuh warna di Westgate Las Vegas Resort and Casino di Las Vegas.

Mrs. World 2021 Shaylyn Ford dari AS mempersembahkan mahkotanya kepada Sargam yang tinggal di Mumbai. Mrs. Polynesia Meg Akim dinobatkan sebagai runner-up pertama, disusul oleh Mrs. Canada Solange Tuyishime Keita sebagai runner-up kedua.

Sargam telah mengalahkan para kontestan dari 63 negara.

Kontes kecantikan Mrs. India mengumumkan pemenangnya Mrs World di halaman Instagram resminya pada 18 Desember.

“Penantian panjang telah berakhir, setelah 21 tahun kami mendapatkan MAHKOTANYA kembali!” tulis kontes Mrs. India.

Sargam yang gembira menggunakan akun media sosialnya untuk berbagi kegembiraannya.

“Kita mendapatkan mahkotanya kembali setelah 21-22 tahun. Aku sangat gembira. Love you India, love you world,” kata Sargam dalam video yang diposting di akun Instagram-nya.

Itu bukan pertama kalinya India memenangkan gelar Mrs. World. Pada tahun 2001, Aditi Govitrikar dari India mengantongi mahkota yang didambakan.

“Selamat yang paling dalam @sargam3 @mrsindiainc sangat senang telah menjadi bagian dari perjalanan ini. Sudah saatnya mahkotanya kembali setelah 21 tahun,” lapor situs web odishatv.in mengutip ucapan Aditi.

Di babak final kontes, Sargam mengenakan gaun gemerlap dengan belahan tengah berwarna merah muda yang dirancang oleh Bhawna Rao dan dilatih untuk runway oleh pakar kontes kecantikan dan model Alesia Raut.

Sentuhan Indonesia

Ada sentuhan Indonesia dalam kesuksesan Sargam yang menyabet penghargaan kostum eksotik dalam kontes Mrs. World. Untuk kostum nasionalnya, ia mengenakan pakaian yang mempesona terinspirasi dari burung merak, burung nasional India. Kostum ini dirancang oleh seniman dan desainer Indonesia Eggie Jasmin.

“Merak melambangkan keindahan dan kegembiraan negara. Merak juga merupakan kombinasi dari kebangsawanan, kekuatan dan keanggunan yang dimiliki setiap wanita India,” Sargam menggambarkan pakaiannya.

Sebelumnya, karya Eggie lainnya yang bertema Cakra Kundalini berbentuk ular kobra berhasil memenangkan kostum nasional terbaik pada 15 Januari 2022 untuk India pada kontes Mrs. World 2022 di Las Vegas. Kostum tersebut dikenakan oleh pemenang Mrs. India 2021 Navdeep Kaur.

Siapakah Sargam?

Sargam lahir pada tanggal 17 September 1990 dari pasangan Reema Khajuria (ibu) dan GS Koushal (ayah) di Jammu. Ayahnya dulu bekerja di sebuah bank di Jammu. Sargam memiliki gelar Master dalam Sastra Inggris dari Universitas Jammu. Ia juga memiliki gelar pendidikan dari universitas yang sama.

Ia mengajar bahasa Inggris di sekolah-sekolah di Jammu dan Vizag, Andhra Pradesh.

Ia bertemu dengan suaminya Aditya Manohar Sharma, seorang Letnan Komandan di Angkatan Laut India, pada tahun 2015 dan mereka berkencan selama tiga tahun. Aditya juga berasal dari Jammu dan Kashmir.

Mereka mengikat janji atau menikah pada tahun2018.

Setelah menikah, ia terjun ke dunia modeling. Ia adalah seseorang dengan kepribadian beragam.

“Selain sebagai model, ia juga merupakan seorang penulis konten dan pelukis,” lapor situs jagranjosh.com baru-baru ini.

Sargam berterima kasih kepada suaminya setelah kemenangannya dalam kontes Mrs. India pada bulan Juni lalu, memuji suaminya sebagai "pria yang memungkinkan momen ini".

“Kamu tidak hanya memberiku sayap, tapi juga menjadi angin di bawahnya. Kamu telah mengubah gadis kota kecil ini dan mengubahnya menjadi bintang. Kamu memberiku kepercayaan diri untuk mencapai semua yang ada di luar sana. Kamu selalu mendorongku untuk mengutamakan impianku dan layaknya bunga di dinding, kamu hanya menyaksikan — melihat saya bersinar,” kata Sargam di Instagram -nya.

“Aku tidak pernah perlu khawatir tentang memiliki anak, hanya karena waktunya hampir habis karena kamu mengerti bahwa aku memiliki visi yang membutuhkan waktu dan fokus. Kamu mendukung aku dan menjadikanku manusia yang lebih baik, dan untuk itu aku berterima kasih. Tidak ada orang lain yang bisa melakukannya lebih baik dari kamu. Mahkota ini mungkin milikku, tapi kamu adalah rajaku.”

Ia menggambarkan pernikahan sebagai fase paling "indah dan bermanfaat" dalam hidupnya ketika ditanya tentang hal tersebut selama kompetisi Mrs. India.

Ia berkomentar, “Saya bertemu dengan pria yang luar biasa, dan kami menjalani kehidupan yang indah. Kami membuat satu sama lain menjadi pribadi yang lebih baik. Dia telah menjadi pilar pendukung saya.”

Bapaknya Sargan, GS Koushal,  mengatakan bahwa itu adalah momen yang membanggakan bagi seluruh negeri.

“Sejak kecil Sargam adalah anak yang berprestasi dan selalu unggul dalam apapun yang dilakukannya selama ini. Tuhan membantu mereka yang membantu diri mereka sendiri,” kata Koushal kepada surat kabar Deccan Herald.

Mrs. World adalah kontes kecantikan internasional untuk wanita yang sudah menikah. Kontes ini dimulai pada tahun 1984, berakar pada Mrs. America, kontes kecantikan pertama yang merayakan keunikan wanita yang sudah menikah, keluarganya dan komunitasnya.

Awalnya, kontes kecantikan ini bertajuk Mrs. Woman of the World. Kemudian, baru berganti nama menjadi Mrs. World di tahun 1988.

Selama bertahun-tahun, Mrs. World telah memiliki peserta dari lebih dari 80 negara dengan Amerika sebagai jumlah pemenang terbanyak.

Sargam membuat negara bagiannya Jammu dan Kashmir bangga dengan membawa kembali mahkota Mrs. World ke India setelah 21 tahun lamanya. rmol news logo article

*Penulis adalah wartawan senior yang berdomisili di Jakarta.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA