Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Argentina, Jangan Sepelekan Australia

OLEH: AGUNG NUGROHO

Minggu, 04 Desember 2022, 01:28 WIB
Argentina, Jangan Sepelekan Australia
Duo penyerang Argentina, Lautaro Martinez dan Lionel Messi/Net
TUJUH kali bertemu, Albiceleste berhasil mendominasi Socceroos. Sebanyak 5 kali menang. Sedangkan Australia hanya mendapatkan satu kali menang dan satu kali imbang.

Dari tujuh laga tersebut hanya tiga laga yang terjadi di pertandingan resmi. Argentina tak terkalahkan dengan catatan dua kemenangan dan satu imbang.

Hasil imbang itu terjadi di play-off Piala Dunia 1994 ketika Australia menahan imbang Argentina 1-1 di Sydney. Lalu ketika laga giliran dimainkan di Buenos Aires, tuan rumah menang 1-0. Ironis bagi Australia karena kemenangan Argentina terjadi oleh gol bunuh diri Alex Tobin.

Argentina saat itu diperkuat oleh Sergio Goycochea, Jose Chamot, Sergio Vasquez, Oscar Ruggeri, Carlos MacAllister, Hugo Perez, Fernando Redondo, Diego Simeone, Diego Maradona, Gabriel Batistuta, Abel Balbo.

Satu laga lain terjadi di Piala Konfederasi 2005. Argentina menang 4-2 berkat hattrick Luciano Figueroa dan tambahan gol dari Juan Roman Riquelme. Sedangkan gol Australia diborong John Aloisi.

Pada Piala Dunia 1994, play-off Argentina vs Australia sempat mendapat kritik sang maestro dan legenda Argentina, Diego Maradona. Sang legenda Argentina itu mengungkapkan adanya penggunaan obat terlarang di laga play-off melawan Australia untuk memperebutkan tiket ke Piala Dunia 1994.

Dalam wawancaranya dengan sebuah stasiun televisi di Argentina, Maradona menyebut kalau Presiden Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA), Julio Grondona, punya peran besar dalam kasus tersebut.

Nah, pada Piala Dunia 2022 ini, Argentina sebaiknya tidak menganggap remeh Australia, mengingat era sepak bola modern saat ini sudah memperlihatkan betapa meratanya kekuatan setiap tim yang betkontestasi di Qatar kali ini. Sehingga kepiawaian taktik pelatih begitu menentukan kemenang tim.

Meratanya kekuatan tim peserta Piala Dunia 2022 ini menciptakan banyak kejutan, Maroko berhasil mengalahkan Belgia serta Jepang yang sukses menundukkan Jerman dan Spanyol. Terbaru, Kamerun mampu mengalahkan Brasil.

Argentina bahkan merasakan sendiri kejutan tersebut. Pada matchday 1 lalu mereka kalah 1-2 dari Arab Saudi. Beruntung Lionel Messi dan kolega bisa memenangi dua laga lainnya melawan Meksiko dan Polandia untuk menjadi juara grup.

Semoga Argentina berhasil mengalahkan Australia pagi ini pukul 02.00 WIB

Lima pertemuan terakhir Argentina vs Australia:

11-09-2007: Australia vs Argentina 0-1

18-06-2005: Australia vs Argentina 2-4

30-06-1995: Argentina vs Australia 2-0

17-11-1993: Argentina vs Australia 1-0

31-10-1993: Australia vs Argentina 1-1.

Penulis adalah mantan pemain bola kampung
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA