Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Capreskan Anies, Nasdem Lebih Siap Hadapi Pemilu

OLEH: GDE SIRIANA YUSUF

Selasa, 04 Oktober 2022, 21:47 WIB
Capreskan Anies, Nasdem Lebih Siap Hadapi Pemilu
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh saat mengumumkan bakal calon presiden yang diusung pada 2024/RMOL
SAYA melihat langkah Nasdem mengumumkan Anies Baswedan sebagai calon presiden sangat cerdas. Ada beberapa alasan yang dapat menjelaskan mengapa Nasdem lebih cepat dari parpol lain dalam umumkan Capres.

Pertama, Nasdem ingin dianggap sebagai partai politik yang lebih siap hadapi Pemilu dan Pilpres 2024 dengan menjadi inisiator dan leader dalam gerbong capres Anies nantinya. Artinya investasi politik Nasdem ingin dianggap lebih besar dari parpol lain yang nantiny ikut usung Anies.

Nasdem juga tidak ingin dianggap seperti parpol-parpol tengah dan kecil lainnya yang hanya jadi follower parpol besar, dan menentukan sikap di menit-menit akhir karena proses deal yang alot.

Kedua, Anies adalah investasi politik Nasdem, karena itu Nasdem berupaya menyelamatkan investasi politiknya dengan cepat-cepat mengumumkan pencalonan Anies di tengah isu KPK yang dibicarakan publik akan mentersangkakan Anies. Ini bisa dianggap sebagai back up politik yang sinergi dengan langkah Anies  bergabung dengan ormas Pemuda Pancasila.

Ketiga, jika nantinya Anies jadi tersangka KPK atau tidak, maju sebagai capres atau tidak dengan alasan apapun, Nasdem sudah jadi "pahlawan" di kantong-kantong pendukung Anies yang saat ini lebih banyak sebagai oposisi. Ini akan naikkan elektabilitas partai Nasdem. Pendukung Anies yang kecewa sangat mungkin memilih Nasdem nantinya, meskipun saat ini Nasdem ada di kubu pemerintah.

Bisa dikatakan ini langkah jitu untuk menghadapi politik identitas di Pemilu 2024. Tapi ini juga tergantung siapa Capres yang secara resmi direkomendasikan Nasdem pada akhirnya.

Penulis adalah Direktur Eksekutif Indonesia Future Studies (Infus)

ARTIKEL LAINNYA