Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Mengapa Bukan Balapan Mobil Formula Minyak Goreng Campur Solar?

OLEH: SALAMUDDIN DAENG
  • Kamis, 02 Juni 2022, 12:34 WIB
Mengapa Bukan Balapan Mobil Formula Minyak Goreng Campur Solar?
Mobl balap Formula E/Net
PRESIDEN Jokowi memiliki program transisi energi yang lain dari yang lain sedunia ini. Program tersebut bernama B20, B30, hingga B100. Program yang sangat mantap!

Program B20 artinya mencampur solar dengan 20 persen minyak goreng. B30 mencampur solar dengan 30 persen minyak goreng dan seterusnya.

Program ini akan menyedot 10 juta ton minyak goreng untuk merealisasikan B30. Ini lumayan bisa menyerap sekitar 25 persen pasar CPO Indonesia. Jadi Indonesia tidak perlu takut dengan boikot Uni Eropa terkait ekspor minyak sawit Indonesia ke sana.

Program pencampuran solar dengan minyak goreng ini adalah yang paling dibanggakan oleh Presiden Jokowi bagi transisi energi sekaligus bagi pasar minyak sawit Indonesia.

Perlu diketahui bahwa transisi energi merupakan janji Presiden Jokowi kepada pertemuan iklim climate change Glasgow Inggris beberapa waktu lalu. Indonesia diangkat atau diberi gelar oleh Inggris sebagai climate super power.

Transisi energi merupakan komitmen terbatas dalam pertemuan G20 yang akan berlangsung di Bali nanti. Dalam G20 tahun ini Indonesia adalah pimpinannya. Atau disebut Indonesia G20 presidensi.

Transisi energi merupakan komitmen untuk menggantikan bahan bakar fosil, yakni minyak, gas, batubara dengan bahan bakar yang ramah lingkungan termasuk di dalam pembangkitan listrik.

Indonesia dalam hal ini tentu harus menyodorkan prestasinya dalam transisi energi. Nah salah satunya adalah program pencampuran solar dengan minyak goreng. Dikarenakan Indonesia adalah produsen minyak sawit terbesar di dunia.

Oleh karena itu, Presiden Jokowi harus mempromosikan terus program pencampuran solar dengan minyak goreng ini. Termasuk dengan membuat banyak balapan balapan.

Selama pemerintahannya Jokowi terhitung sangat gemar dengan balapan. Sebelumnya membuat ajang balapan motor di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ajang balapan ini masih mempromosikan Pertamax turbo milik Pertamina.

Ajang balapan yang ke dua yang akan dilaksanakan di Jakarta ini bertepatan dengan tahun penyelenggaraan G20 presidency. Seharusnya ini menjadi momentum untuk mengkampanyekan bahan bakar versi transisi energi Indonesia.

Seharusnya memang yang diselenggarakan adalah balapan formula solar campur minyak goreng. Balapan ini barulah disebut sebagai ajang kampanye produk produk Indonesia. Sekaligus kampanye perubahan iklim versi indonesia yakni versi minyak goreng campur Solar.

Begitu kira kira.

Penulis adalah peneliti Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI)
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA