Sembilan Calon Presiden 2024
Sembilan Calon Presiden 2024
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Lima Tren Baru yang Besar dan Mengejutkan di India, serta Artinya

OLEH: ABHIJIT MAJUMDER*

Selasa, 24 Mei 2022, 21:01 WIB
Lima Tren Baru yang Besar dan Mengejutkan di India, serta Artinya
India/Net
TREN ini jauh melampaui pertumbuhan ekonomi. Ini menandakan kebangkitan peradaban, perkembangan sosial, budaya, keuangan dan militer yang besar.

Sepuluh tahun yang lalu,  jika Anda memberi tahu siapapun tentang hal ini, ia akan memberi Anda senyum tidak percaya. Namun, banyak dari apa yang tidak terpikirkan saat itu menjadi kenyataan di India saat ini.

Kita masih sangat jauh dari cita-cita untuk menghilangkan kemiskinan, meningkatkan pendapatan per kapita ke titik kehidupan yang sejahtera, memastikan keadilan, atau setidaknya landasan hukum bagi masyarakat miskin dan kurang mampu. Tapi lima tren baru-baru ini tidak terduga, menggembirakan, dan pertanda bangsa yang cepat berubah.

Mari kita lihat lima tren yang tidak terbayangkan, bahkan satu atau dua dekade lalu.

Tren satu

India sekarang memiliki lebih banyak wanita daripada pria. Menurut Survei Keluarga dan Kesehatan Nasional (NFHS) ke-5 yang dilakukan oleh pemerintah antara 2019 hingga 2021, India memiliki 1.020 wanita untuk setiap 1.000 pria. Pada tahun 2011, perbandingan tersebut adalah 943 wanita per 1.000 pria, dan pada tahun 1991 menjadi 927 wanita per 1.000 pria.

Pemerintah dan lembaga non-pemerintah bekerja dalam kesatuan yang jarang terjadi dalam hal ini. Dari kampanye kesadaran sosial, hingga tindakan keras terhadap klinik yang menentuan jenis kelamin, pesan itu ditanamkan ke dalam jiwa bangsa.

Tren dua

Terdapat lebih banyak pengguna internet di desa-desa India daripada di kota-kota. Pedesaan India memiliki 20 persen lebih banyak pengguna internet daripada daerah perkotaan, menurut sebuah studi baru-baru ini oleh perusahaan data dan pengukuran pasar Nielsen.

Studi berjudul "Bharat 2.0 internet study" menunjukkan bahwa dari 646 juta pengguna internet aktif India berusia dua tahun ke atas per Desember 2021, pengguna pedesaan telah tumbuh sebesar 45 persen dibandingkan dengan pertumbuhan pengguna perkotaan sebesar 28 persen selama 2019. Basis pengguna internet selama 12 tahun ke atas telah tumbuh sebesar 37 persen dalam periode tersebut.

Tren tiga

India telah mengalami penurunan tajam dalam tingkat kesuburan di kalangan wanita. Survei Kesehatan Keluarga Nasional baru-baru ini menunjukkan bahwa Tingkat Kesuburan Total India (TFR, atau jumlah rata-rata anak yang akan dilahirkan seorang wanita) adalah 2,0, turun dari 2,2 dalam survei 2015-2016.

Kesuburan di kalangan Muslim telah menunjukkan penurunan paling tajam di 2,36, tetapi masih jauh lebih tinggi dari Hindu dan Kristen yang masing-masing 1,94 dan 1,88.

Tren empat

India telah melampaui setiap negara, termasuk China dan AS, dalam transaksi keuangan digital. Untuk negara yang sangat bergantung pada uang tunai sampai enam tahun yang lalu, ini luar biasa.

India memiliki pembayaran real-time tertinggi di antara bisnis di seluruh dunia, dengan lebih dari 40 persen pembayaran semacam itu di seluruh dunia pada tahun 2021 dilakukan di sini.

Sebuah laporan dari penyedia solusi pembayaran ACI Worldwide, firma analisis data GlobalData, dan Pusat Penelitian Ekonomi dan Bisnis (CEBR) menunjukkan India melakukan 48,6 miliar pembayaran real-time hingga 2021, lebih dari 2,6 kali lebih tinggi dari China, yang berada di peringkat pertama. tempat kedua dengan 18,5 miliar transaksi real-time.

Tren lima

Ekonomi India hanya sekitar satu tahun lagi untuk menyalip ekonomi Inggris, yang dulu merupakan penjajahnya.

Ekonomi India siap untuk menjadi yang terbesar keenam di dunia, kata sebuah laporan baru-baru ini oleh konsultan Inggris Cybr. Dikatakan bahwa pada 2022, ekonomi India akan melampaui Prancis dan pada 2023, Inggris.

Menggulingkan ekonomi negara-negara dunia pertama adalah pengubah permainan besar-besaran, meskipun ada beberapa parameter penting seperti pendapatan per kapita, serta jaminan sosial dan perlindungan medis warga termiskin untuk diperbaiki.

Setiap tren memiliki implikasi yang unik, tetapi apa arti kelima tren ini bersama-sama?

Tren tersebut adalah saksi tentang bangsa yang berkembang dan menjadi dewasa. Rasio jenis kelamin yang sehat dan tingkat kesuburan yang menurun berarti fajar baru telah tiba secara diam-diam bagi separuh populasi India: wanita.

Bangsa ini telah mulai menyadari bahwa tanpa kesejahteraan mental dan fisik para ibu, saudara perempuan, pasangan, istri, dan anak perempuannya, mereka tidak dapat maju atau sejahtera.
Sementara titik kritis tampaknya datang tiba-tiba dan sangat cepat, ini memberikan batu loncatan untuk lompatan yang sangat penting di masa depan.

Sebuah pedesaan India yang terhubung oleh internet dan ekonomi digital adalah perubahan besar lainnya dalam waktu yang sangat singkat. Pedalaman di India adalah "binatang tidur yang sangat kuat". Begitu mereka muncul, seluruh aritmatika sosial dan ekonomi bangsa kemungkinan besar akan berubah secara radikal menjadi lebih baik.

Empat tren pertama cocok dengan tren kelima, yang menandai kesejahteraan material bangsa. Tapi tren ini jauh melampaui pertumbuhan ekonomi. Mereka menandakan kebangkitan peradaban, kebangkitan besar yang meliputi sosial, budaya, keuangan dan militer.

Ketika kita berada di sentrifugal perubahan, sulit untuk menyadarinya. Itulah sebabnya kita harus mendengarkan apa yang dikatakan angka-angka tersebut kepada kita. Generasi ini adalah saksi sekaligus pelaksana dalam mendefinisikan perubahan. Generasi tersebut harus bangga dan terus memotong diam-diam membongkar dunia lama dan menyempurnakan yang baru.

*Penulis adalah seorang jurnalis. Artikel ini sudah terbit di First Post.

ARTIKEL LAINNYA