Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

CATATAN ILHAM BINTANG

Susi Pudjiastuti Tawarkan Diri Menemui Vladimir Putin

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/ilham-bintang-5'>ILHAM BINTANG</a>
OLEH: ILHAM BINTANG
  • Selasa, 01 Maret 2022, 10:36 WIB
Susi Pudjiastuti Tawarkan Diri Menemui Vladimir Putin
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat berfoto bersama Russian Federal Fisheries Agency Chief Ilya Shestakov/Net
MENTERI Kelautan dan Perikanan 2014 hingga 2019, Susi Pudjiastuti menawarkan diri untuk menemui Presiden Rusia Vladimir Putin.

Bukan hoax dan prank. Keinginan itu disampaikan kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, di sela - sela acara jogging "Komengsong" di Stadion Utama, Gelora Bung Karno, Senin (28/2) pagi. Hanya saja, Menlu merespons Susi diplomatis.

"Senang yah kita bisa ketemuan lagi dan jogging bareng," kata Retno sambil senyum.

Pernah Dapat Hadiah dari Putin

Susi bertemu dengan Presiden Putin 18 Mei 2016 (bukan tahun 2015 seperti disebut sebelumnya) sewaktu menyertai rombongan  Presiden Jokowi ke Rusia. Waktu itu rombongan RI dijamu Putin di Bocharov Ruchey, rumah Putin di Sochi, Rusia.

Selain tempat tinggal utamanya, Putin memang memiliki sejumlah tempat tinggal di seluruh Rusia. Salah satu yang paling banyak dipublikasikan yang di Sochi itu.

Susi masih ingat waktu jamuan di Sochi, dia duduk dan ngobrol bersama beberapa pejabat tinggi Rusia dan Indonesia.

Di Sochi itulah Susi mengaku punya kenangan yang tak akan terlupakan. Selain disambut ramah, ia juga  mendapat hadiah dari Putin.

Cerita diawali ketika duduk dengan para pejabat tinggi tadi, Susi mengutarakan impiannya menonton ballet Rusia live di Jakarta. Spontan Menlu Rusia berdiri, memegang tangannya sambil berkata "deal".

"Kita deal yah," cerita Susi.

Tiga bulan setelah itu deal itu terealisasi. Putin benar-benar mengirimkan 90 penari ballet Rusia untuk Susi yang dipertunjukkan di Ballroom Hotel Kemphinsky, Jakarta. Sayang, waktu ballet Rusia dipertunjukkan, tidak banyak pejabat tinggi dan menteri yang hadir. Padahal pemerintah Rusia serius sekali menghormati kita.

Sebelumnya, Dubes Rusia di Jakarta  menelpon Susi menanyakan gedung konser terbaik dan terbesar di Jakarta. Susi sempat menyebut salah satu, gedung Ciputra. Tapi Dubes Rusia memilih Ballroom Hotel Kemphinsky.

"Saya suka sekali Putin.Handsome dan kulitnya halus," tambah dia. Seandainya ditunjuk sebagai utusan pemerintah untuk ke Rusia menemui Putin, apa yang mau disampaikan?

"Tunggu saja kalau betul- betul saya ditunjuk. Yang pasti, saya senang banget. Dia itu idola saya. Orang yang taat menepati janji. Saya suka banget,” kata Susi tanpa berusaha menyembunyikan rasa takjubnya pada Presiden Rusia itu.

Seminggu terakhir nama Vladimir Putin trending topic di seluruh dunia menyusul operasi militernya menginvasi Ukraina seminggu lalu.

Acara jogging Komengsong merupakan "jamuan” dari Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Dia anggota dan pendiri "Komengsong" adalah nama WhatsApp Group ( WAG) komunitas sejumlah menteri, duta besar, dan pemimpin redaksi media.

Budi Karya Sumadi sekalian mentraktir sarapan Bakso dan Mpek-Mpek Palembang, makanan khas tanah kelahiran Menhub. Jogging diikuti sekitar 30  orang.

Budi Karya Sumadi, Menlu Retno Marsudi dan suami Agus Marsudi, Ilham Bintang, Najwa Shihab, Jubir Kemenhub Adita Irawati, mantan Dirut Dirgantara Indonesia Elfien Guntoro, Dirut MetroTV Don Bosco Selamun, Apreyvita Dyah Wulansari MNC Group, Wakil Pemimpin Umum Kompas Budiman Tanuredjo, dan Ridwan Dalimunthe dari detikcom. Lalu, mantan Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Isteri, Juru Bicara Wapres Jusuf Kalla, Husain Abdullah, politisi Ferry Mursyidan Baldan, Ipang Wahid, Intan Katoppo, Yenny Wahid, Pemred JakTV Timbo Siahaan, mantan Pemred Tempo Wahyu Muryadi, dan Susi Pudjiastuti.

Acara jogging di GBK adalah reuni pertama komunitas itu selama pandemi di Tanah Air. rmol news logo article

Penulis adalah wartawan senior

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA