Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sylviana Murni Puji Langkah Anies Baswedan Tangani Banjir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 22 Februari 2022, 09:57 WIB
Sylviana Murni Puji Langkah Anies Baswedan Tangani Banjir
Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Sylviana Murni/Net
rmol news logo Langkah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan pengerukan Kali Mampang segmen Jalan Pondok Jaya X, Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan patut diapresiasi.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Sylviana Murni menilai bahwa Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama seluruh jajaran, khususnya Dinas Sumber Daya Air sudah melakukan kerja luar biasa untuk upaya mengatasi genangan dan banjir, termasuk di Kali Mampang.

"Sangat patut diapresiasi, pengerukan Kali Mampang yang sudah berjalan. Pemprov DKI sudah bekerja dengan baik dalam upaya mengatasi banjir sesuai dengan RPJMD," ujarnya sebagaimana diberitakan Kantor Berita RMOL Jakarta, Selasa (22/2).

Menurutnya, Jakarta tidak bisa sendiri mengatasi persoalan banjir yang disebabkan tingginya debit air dari wilayah hulu. Sebab, kita ketahui bersama di wilayah hulu juga sudah banyak alih fungsi lahan dari resapan menjadi hunian dan lainnya.

"Perlu kerja sama Jabodetabekjur mengatasi banjir ini. Bayangkan kalau waduk di luar itu sampai 100 hektare, akan sangat besar pengurangan banjir, paparnya.

Ia menambahkan, penghijauan di wilayah hulu serta revitalisasi waduk-waduk yang sudah ada perlu dilakukan secara masif. Sehingga, debit air yang masuk ke Jakarta menuju pesisir atau laut akan banyak berkurang.

"Revitalisasi sesuai arahan para pakar sangat diperlukan sehingga saat musim hujan tidak banjir dan saat musim kemarau tidak terjadi kekeringan," ucapnya.

Ia berharap, penanganan persoalan banjir jangan sampai dipolitisasi. Tapi, semua berkolaborasi melakukan yang terbaik, bagaimana kita mengembalikan fungsi sungai dan sebagainya.

"Ayo bareng-bareng kita berkolaborasi," tuturnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA