Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat Politik Dan Kebijakan Ini Memprediksi Italia Juara Piala Eropa

Sabtu, 10 Juli 2021, 17:06 WIB
Pengamat Politik Dan Kebijakan Ini Memprediksi Italia Juara Piala Eropa
Twitter Gde Siriana Yusuf pada 30 Juni 2021/Rep
DALAM akun @SirianaGde tanggal 30 Juni 2021, saya memprediksikan Italia dan Inggris masuk final mengalahkan Spanyol dan Denmark di semifinal. Dan ternyata prediksi itu terjadi.

Sebelum semifinal saya melihat kualitas semua tim semifinal semuanya sama-sama kuat. Bahkan pernah jadi juara Piala Eropa kecuali Inggris.

Tapi ada pola yang sama, semacam algoritma sederhana, yang bisa dipakai untuk prediksi semifinal itu.

Pola yang sama terjadi pada dua tim semifinal yaitu tim Denmark dan Spanyol. Mereka sama-sama mengalahkan dua tim yang ada di grup Inggris (D) dan Italia (A) di fase knock out.

Denmark mengalahkan Wales dan Ceko. Spanyol mengalahkan Kroatia dan Swiss. Kesamaan pola ini saya baca jika Spanyol kalah, maka Denmark juga kalah. Atau sebaliknya.

Tapi sepakbola tidak ada yang sempurna. Jadi asumsi saya tidak akan Spanyol dan Denmark mengalahkan tiga tim yang ada di 1 grup. Jika itu terjadi artinya sepakbola jadi sempurna.

Lalu bagaimana prediksi final Piala Eropa nanti?

Saya memprediksikan Italia sebagai juara. Italia dan Inggris sama-sama tim bagus. Tren Inggris bahkan makin bagus, clean sheet di babak knock out. Sedangkan Italia yang cleansheet di babak grup, sudah kebobolan 3 kali di fase knock out.

Tapi ini tidak menjamin performa kedua tim di final nanti. Jadi agak sulit untuk memprediksi. Peluangnya sama.

Maka saya gunakan pola algorithm sederhana lagi untuk prediksi. Dan ketemu, ada pola yang sama dari Piala Eropa 1992, di mana Denmark menjadi juaranya.

Sebelumnya Denmark di Piala Eropa 1984, babak terakhir yang dijalaninya kalah adu penalti vs Spanyol. Tetapi di Piala Eropa berikutnya 1992, lolos final setelah menang adu penalti vs Belanda di semifinal, lalu menjadi juara setelah menang vs Jerman.

Ini sama dengan rute perjalanan yang dilalui tim Italia. Pada piala Eropa 2016, babak terakhir yang dijalani Italia kalah dengan adu penalti vs Jerman. Lalu di piala Eropa beirkutnya 2020/2021 lolos final setelah menang adu penalti VS Spanyol di semifinal.

Jadi dengan kesamaan rute ini saya prediksikan Italia yang juara.

Catatan: Ini bukan ramalan, bukan digunakan untuk perjuadian. rmol news logo article

Gde Siriana Yusuf Pengamat politik dan kebijakan, Direktur Eksekutif Indonesia Future Studies (Infus).

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA