Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belajar Leadership Dari Mas Gembong

Jumat, 26 Maret 2021, 21:35 WIB
Belajar Leadership Dari Mas Gembong
Gembong Primadjaja/Net
NAMANYA Gembong, pernah menjadi CEO di sebuah perusahaan BUMN di Indonesia, pernah jatuh bangun membangun bisnisnya, pernah bangkrut, pernah juga mempunyai bisnis sendiri based di Singapore dengan nilai bisnis jutaan dollar.

Hari itu saya ngobrol dengan Mas Gembong di sebuah gedung bertingkat di TB Simatupang.

Mas Gembong sudah malang melintang dalam dunia bisnis, dan mempunyai banyak pengalaman berharga yang membuatnya menjadi salah satu leader yang disegani di antara alumni ITB.

Kehidupan Mas Gembong sangat seru. Ada naik, ada turun, ada penderitaan, ada kebahagiaan, yang jelas ada perjuangan! Mas Gembong struggle dengan kehidupannya tetapi dia tidak menyerah.

Entah mengapa, Mas Gembong sudah mengerti,"You cannot control what will happen to you, but you can control how you react to them" Mas Gembong tahu bahwa sebuah berlian harus tetap menjadi berlian di manapun dia berada, di hutan, di laut, di padang pasir, atau di WC sekalipun.

Mas Gembong pernah kuliah di sebuah Universitas ternama di Amerika. Dan Mas Gembong pun menjalani kariernya dengan semangat baja, sampai akhirnya sekarang menjadi CEO. Tentu saja tidak mudah menjadi seorang CEO, begitu banyak ujian, hambatan dan halangan yang dialaminya.

Tetapi sekali lagi, Mas Gembong selalu menyambut mereka dengan positif, menganggap itu sebagai sumber motivasi dirinya sendiri.

Kemudian Mas Gembong pun melanjutkan diskusi dengan sharing beberapa stage dari kehidupannya.

Kita dengar satu persatu ya ...

A. Live
Pertanyaan pertama adalah "How do you Live", bagaimana anda hidup? Apakah anda hidup dengan selalu memancarkan aura positif? Atau anda adalah orang yang suka spread the negative energy dengan menceritakan masalah (pribadi) anda kepada semua orang?

Ke manapun saya melihat mas Gembong, saya melihat aura positif itu.
Remember, be positive and spread the positive energy around yo.

B. Learn
Kalau anda mau maju, satu-satunya cara adalah dengan belajar (learn) sebanyak mungkin. Yang paling sukses biasanya adalah yang menggunakan waktunya lebih banyak daripada yang lain untuk belajar dan memperbaiki karakternya.

How much do you learn everyday? This will define how much you will progress in the future!
Learn, Learn, Learn!


C. Love
Bagi Mas Gembong, Live and Learn is about yourself. Tetapi sekarang waktunya untuk melakukan sesuatu untuk orang lain. Dan Mas Gembong menamakannya "LOVE”

You love others, so you will help them.
You love your family, so you will do everthing to protect and make sure that they are comfortable.
You love your friends, so you help them and expect nothing in return.
See, it all started with Love!
If you don't love people, you will have the trouble to find peace with yourself!


Mas Gembong menerapkan itu dengan mencintai keluarganya, mencintai mereka dan membantu mereka tanpa mengharapkan imbalan apa-apa.

D. Lead
After you learn and you love people, now it is time to lead others. Jadilah pemimpin yang baik.

Pada akhirnya sebagai leader, anda akan dinilai dari bisnis result yang anda hasilkan. Di posisi apapun seorang business leader harus deliver great business result.

Tetapi, sebelum mencapai business result, anda harus menjadi pemimpin yang baik bagi team anda. Dan, sebelum anda menjadi pemimpin yang baik bagi bisnis anda, dan bagi team anda, ternyata yang paling susah adalah menjadi pemimpin bagi diri kita sendiri, menjadi contoh dan teladan bagi anak buah kita dan yang lain.
That's leadership!

E. Legacy
Pada saat seseorang sudah menjadi good leader seperti Mas Gembong, saya pun penasaran, apa sih yang masih dia harapkan? Suatu saat Mas Gembong tidak akan ada di tempat itu lagi, baik itu di perusahaan atau di sebuah organisasi.

Pertanyaan Mas Gembong adalah,"Apa yang orang akan ingat tentang kita?"

Dan Mas Gembong masih tetap bekerja keras setiap hari karena Mas Gembong ingin meninggalkan legacy yang positif!
Sesuatu yang ditinggalkan untuk generasi berikutnya.

Yang kita pelajari adalah bahwa ternyata life is a learning journey, terus-menerus belajar, terus menerus bekerja keras, untuk kita sendiri, untuk keluarga kita, untuk karier kita dan untuk sesama manusia!

-How do you live? What did you learn? How do you love others? How do lead your team? What is the Legacy that you want to put behind you ....
And don't forget that what you learn today, will define how you progress in the future!


Terima kasih untuk sharingnya pada hari itu, Mas Gembong.

Salam Hangat. rmol news logo article

Pambudi Sunarsihanto
Alumnus Teknik Industri ITB 1986

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA