Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ideologi Gatot Nurmantyo Dan Gerakan Anti RUU HIP: Catatan Wawancara Dengan Rosi

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/dr-syahganda-nainggolan-5'>DR. SYAHGANDA NAINGGOLAN</a>
OLEH: DR. SYAHGANDA NAINGGOLAN
  • Selasa, 07 Juli 2020, 19:40 WIB
Ideologi Gatot Nurmantyo Dan Gerakan Anti RUU HIP: Catatan Wawancara Dengan Rosi
Dr. Syahganda Nainggolan/Net
KEMARIN berbagai orang saling mengunggah potongan wawancara Rosi Kompas TV dengan Gatot Nurmantyo, mantan Panglima TNI, terkait kebangkitan Komunisme di Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Video itu ternyata viral bersamaan dengan laporan gelombang aksi menolak Rancangan Undang Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang dipelopori FPI dan MUI di seluruh Indonesia.

Saya tertarik atas video tersebut, meski kemudian saya cek ke Youtube, ternyata video itu telah diunggah di sana setahun lalu. Namun, setahunpun ternyata tidak lama untuk melihat bagimana ideologi Gatot Nurmantyo (GN), yang setahun ini belum muncul lagi ke permukaan politik.

Informasi yang menarik dari video ini adalah GN menyatakan yakin bahwa komunisme akan bangkit di seluruh Indonesia. Kedua, Pemerintahan Jokowi meminta agar penanganan terhadap komunisme dan orang-orang yang menggerakkannya diperlakukan lunak saja. Dan ketiga, korban terbesar dalam sejarah pemberontakan komunis di masa lalu adalah para ulama dan ummat Islam.

Sedangkan pertanyaan yang menarik diajukan Rosi adalah 1. apakah GN yakin dengan informasi bangkitnya komunisme di Indonesia? 2. Apakah GN bukan bermaksud memprovokasi rakyat Indonesia terkait isu ini, 3. Apakah GN tidak takut dengan risiko yang mungkin dia hadapi dengan statusnya sudah purnawirawan saat ini?

GN menyatakan bahwa pernyataan Ribka Tjiptaning tentang kebangkitan anak-anak PKI, yang jumlahnya 20-an juta sebagai rujukan dasar. Rujukan lainnya tentang kebangkitan komunisme antara lain, pertama, adanya kaderisasi partai politik tertentu ke PKC (Partai Komunis Cina), RRC secara rutin dan berkala.

Kedua, adanya pelemahan ajaran agama dan Pancasila dalam sistem resmi kurikulum belajar pendidikan saat ini. Ketiga, adanya pertemuan-pertemuan politik anak-anak eks komunis. Selain itu, adanya distribusi kaos-kaos lambang Komunis Palu Arit meluas di Indonesia. Dan yang terakhir, adanya razia buku-buku komunis yang dilakukan jajaran militer.

Tafsir Sejarah

Sejarah tentunya bukan sebuah jalan lurus. Bukan pula rangkaian informasi berbasis tahun dan tanggal. Bukan pula sebuah gelombang se arah. Namun, sejarah adalah sebuah rangkaian peristiwa di masa lalu yang memiliki hukum sebab akibat dan mempunyai gelombang dengan arus berlawanan serta memiliki berbagai aktor dalam menentukan arahnya.

Sejak Amerika merilis keterlibatan CIA dalam peristiwa G30S PKI, 1965, sejarah kelam tahun 1965 yang selama ini dibebankan kepada Komunis atau PKI menjadi sebuah pertanyaan baru. Bukankah CIA yang membantu tentara saat itu untuk menggulingkan Sukarno dan membantai orang-orang Komunis di Indonesia?

Hak kaum komunis atau anak-anaknya tentunya adalah hak historis yang sah untuk menuntut pembersihan nama baik mereka serta membenarkan tafsir sejarah di masa lalu.

Namun, bagi umat Islam, Komunisme sebagai ancaman tentu juga sebuh keniscayaan sejarah. 1. Komunisme telah terbukti sepanjang sejarah kehadirannya sebagai ideologi anti Tuhan. 2. Komunisme jika berkuasa akan melakukan pemerintahan diktator proletariat, yang menihilkan pemilikan individual, menihilkan demokrasi dan kebebasan individual. 3. Komunis jika berkuasa akan menjadikan agama sebagai musuh, sehingga eksistensi agama hilang sebagai ajaran kehidupan.

Pandangan umat Islam atas Komunisme ini dengan demikian bersifat laten dan tidak terikat pada perubahan tafsir yang mungkin terjadi pada peristiwa G30S PKI. Sehingga, kebangkitan Komunisme di Indonesia tetap dianggap ancaman bagi Islam dan ummat Islam yang mayoritas di Indonesia.

Lalu bagaimana meletakkan kepentingan anak-anak eks PKI versus kepentingan ummat Islam atas isu ini?

Dendam Sejarah

Gatot Nurmantyo menjelaskan pada Rosi bahwa anak-anak PKI ini mempunyai dendam sejarah. Sebaliknya ulama-ulama dan umat Islam tidak. Ulama-ulama, bahkan menurut GN, lebih besar korbannya dibanding PKI selama ini dalam berbagai peristiwa di masa lalu.

Sejarah yang berdarah tentunya melahirkan dendam. Namun, dendam dalam teori konflik dan resolusi konflik tidak memberikan peluang bagi perdamaian. Perdamaian justru muncul kalau pihak-pihak yang bertikai di masa lalu mempunyai ruang intropeksi dan ruang komunikasi.

Beberapa tahun lalu, Taufik Kiemas, berusaha menjembatani berbagai kelompok-kelompok yang bertikai di masa lalu melupakan sejarah kelam itu, setidaknya mengurangi dendam. Pertemuan periodik antara anak-anak tokoh Darul Islam, anak-anak eks PKI dan anak-anak eks Jenderal difasilitasinya berdialog secara rutin.

Namun, kelihatannya, upaya almarhum Taufik Kiemas itu sirna saat ini. Ruang politik kita ternyata dipenuhi keinginan kebangkitan politik anti Islam dan "ajaran Komunisme" versus tentunya keinginan Islam untuk mempertahankan ajaran Islam sebagai acuan resmi berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Setahun setelah wawancara GN dengan Rosi itu, fenomena terkini, pertikaian antara orang2 yang mendorong adanya Haluan Ideologi Pancasila vs. ulama-ulama yang menolak UU HIP itu merupakan fakta pertarungan ideologis yang sesungguhnya dapat dirujuk pada pikiran dan informasi GN setahun lalu itu.

Ideologi  Gatot Nurmantyo

Meskipun wawancara GN dan Rosi di Kompas TV yang viral itu sudah berlangsung setahun lalu, namun dapat ditafsirkan bahwa GN mempunyai ideologi anti Komunisme yang tidak bisa ditawar. GN menjelaskan bahwa TNI ketika dia berkuasa ingin menghapuskan gerakangerakan anak-anak eks PKI tersebut, namun pemerintahan Jokowi melarangnya. Dan menurut GN itu lah yang bisa dilakukan TNI saat itu, yakni memberikan peringatan akan bangkitnya Komunisme.

Dalam video versi yang lengkap "Siapa Mau Nonton Nobar?", yang dapat dilihat di Youtube, GN mendapat argumen tantangan dari dua nara sumber yang hadir. Mereka mengatakan bahwa GN terlalu cepat menyimpulkan adanya gerakan Komunisme itu.

Seorang sejarawan pada acara itu mengatakan bahwa tidak benar ada gerakan Komunis dan eks PKI saat ini. Fenomena Ribka Tjiptaning, anak eks PKI di DPR, menurutnya adalah hak seseorang yang saat ini tidak bisa dihindari.

Khususnya, karena anak eks PKI bukanlah seorang Komunis. Selanjutnya, pegiat hak asasi manusia, sebagai penantang lainnya berharap GN tidak seperti jenderal orde baru, yang suka menuduh Komunis atau PKI bersalah di masa lalu.

Namun, GN dalam video itu tetap berpegang teguh pada pandangannya bahwa ada kebangkitan Komunisme di Indonesia dan menilai Komunisme adalah ajaran sesat yang berbahaya. Menurutnya, dia hanya ingin kaum milenial yang minim informasi dapat mempelajari sejarah secara lengkap.

Pandangan GN ini telah nenempatkan dirinya dan ketokohannya sebagai kontra kebangkitan Komunisme di Indonesia. Berbagai pernyataannya secara bersamaan, GN mengatakan bahwa ulama adalah pendiri bangsa, yang utama.

Kedua hal ini menunjukkan posisi ideologi GN yang berhimpitan dengan ajaran Islam. Atau sering diidentikkan sebagai Pancasila yang menempatkan Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai sila pertama yang utama.

Penutup

Setahun setelah video resmi diunggah di Youtube, wawancara Rosi dan GN, yang kemudian potongannya viral saat ini, menjelaskan posisi ideologi GN yang pro Islam dan sekaligus anti Komunisme. Hal ini tentunya memberikan resonansi pada pertarungan kelompok-kelompok Islam melawan pengusung RUU HIP.

Berbagai demonstrasi massa ummat Islam telah terjadi diberbagai daerah di Indonesia. Sehingga ditingkat pikiranpun terjadi resonansi, yang dimaksud terjadi antara pikiran GN, pandangan HRS, pandangan ulama-ulama, dan khususnya pandangan dua ormas Islam besar, yakni NU dan Muhammadiyah.

GN tentu bukan lagi tentara aktif. Namun, sebagai mantan Panglima TNI, pikiran ideologis yang viral tersebut memberi makna adanya konsistensi TNI, setidaknya sampai beberapa tahun lalu di mana GN berkuasa, menolak eksistensi Komunisme. Sehingga makna ini menambah moral gerakan umat dalam melawan kebangkitan Komunisme di Indonesia.

Itulah juga makna sumbangan ideologis Gatot Nurmantyo.rmol news logo article

Penulis adalah Sabang Merauke Circle

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA