Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Residu & Anies Baswedan

 OLEH: <a href='https://rmol.id/about/dr-syahganda-nainggolan-5'>DR. SYAHGANDA NAINGGOLAN</a>
OLEH: DR. SYAHGANDA NAINGGOLAN
  • Kamis, 25 Juli 2019, 22:20 WIB
Residu & Anies Baswedan
Syahganda Nainggolan/Net
PERISTIWA pertemuan Anies dan Surya Paloh tentu mengecewakan banyak pihak, seperti juga pertemuan Mega dan Prabowo. Tapi poin di berita ini, Eva mengatakan bahwa Jokowi sudah bekerja keras menggalang kekuatan besar dan Surya Paloh dikecam karena tindakannya akan menciptakan polarisasi baru. Katanya, Jokowi hampir berhasil menyingkirkan sisa-sisa kelompok masyarakat, alias residual. Surya Paloh dikhawatirkan akan memayungi residu itu.

Risidu itu siapa? ummat Islam kah? lalu bagaimana dia jadi residu?

Dalam ilmu kimia dasar, setiap persenyawaan baru dari unsur-unsur yang semula, akan menyisakan sedikit bagian-bagian unsur itu yang tidak bisa lagi membentuk ikatan baru, alias jenuh. Karena Eva alumni Institute of Social Studies, The Hague, dalam ilmu sosial Durkheim mengenalkan istilah kelompok deviant, tapi itu kurang cocok juga.

Dalam pikiran Hegel dan Marx, malah persenyawaan itu tidak akan terjadi karena kalau kelompok masyaraktnya mempunyai idelisasi berbeda (hegel) atau mempunyai kepentingan material berbeda (marx). Kalau residual itu artinya kecil jumlah, jika merujuk Vilfredo Pareto, maka hukum Pareto adalah porsi 20% selalu mengontrol yang 80%.

Bagaimana cara berpikir Eva anggota DPR itu (dua kali DPR karena Pramono Anung mundur)? Apakah maksud Eva Jokowi sudah mengontrol semua kekuatan dan umat Islam adalah kelompok sisa-sisa? Khususnya setelah Prabowo terlihat mengemis-ngemis jabatan kepada Jokowi dan Mega?

Apakah Anies merupakan simbolisasi kelompok residual alias sisa? Tahukah Eva dalam konteks Otda dan kekhususan DKI, Anies itu kepala pemerintahan Ibu Kota? Dia mewakili negara untuk skala provinsi terbesar anggarannya.

Kebencian Eva terhadap Islam identitas tidak perlu membuatnya menafikkan bahwa Islam identitas itu sudah dominan di Indonesia. Baik dari segi narasi maupun jumlah.

Keliru besar Eva menerjemahkan Islam identitas sebagai residual. Ahistoris.

Keliru besar juga Eva menganggap Anies residual. Kakeknya Eva siapa? Sedangkan kakeknya Anies adalah founding fathers bangsa ini.

Mudah-mudahan nanti saya ketemu definisi dan teori sosiologi politik soal residual ini. Dan saya akan bahas lagi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA