Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Si Dungu Merah

Kamis, 21 Februari 2019, 05:42 WIB
Si Dungu Merah
Joget Diatas Sajadah/Net
DODDY Akhmadsyah Matondang, menjadi populer di seantero  jagad raya Indonesia.  Pria muda ini berjoget dengan gembiranya bersama para cewek-cewek goyang pinggul yang katanya instruktur senam, diatas pentas, yang beralaskan sajadah sholat.  dijadikan alas untuk berjoget ria pada acara senam di ibu-ibu RW 05  Cengkareng Timur pada beberapa hari lalu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Saya melihat video tersebut, terpana dan kaget kenapa ada warga negara Indonesia yang teganya berjoget di atas sajadah, walaupun sajadah tersebut mungkin sudah bulukan, tetapi  masih utuh terlihat gambar Masjid di sajadah tersebut.

Bagaimanapun, dan apapun alasannya, perbuatan tersebut sangat luar biasa kurang ajarnya. Apakah si Doddy itu ngak pernah sholat. Kalau pernah pasti saat sujud, dia mencium sajadah  yang biasanya bergambar ka’bah atau masjid.
 
Kalau tidak pernah sholat, rasanya tidak mungkin. Jika di baca namanya dan marganya, umumnya kelompok orang yang rasanya tidak mungkin tidak pernah sholat. Minimal sholat Jumat atau sholat idul fitri, dan Idul Adha. Saya tahu persis, fam Matondang itu, marga di masyarakat Tapanuli Selatan.

Saya punya banyak teman marga Matondang, umumnya baik-baik, lembut-lembut dan taat beribadah. Umumnya ya, ada satu atau dua orang yang berbeda bisa saja terjadi.

Coba lihat foto si Doddy itu menyatakan permintaan maaf dengan berpeci, dan dilatar belakangi hiasan dinding kaligrafi ayat Al-Qur’an.  Dia ingin meyakinkan masyarakat luas, bahwa si Doddy itu seorang Islam yang religius.

Saya tidak mengerti fenomena apa yang terjadi sekarang ini. Bangsa Indonesia sedang diuji oleh Allah SWT, apakah memang Bangsa yang menuju masyarakat akhlakul kharimah, atau menjadi masyarakat bejat.

Polisi bergerak cepat begitu mendapatkan informasi mengenai adanya video viral soal 'senam di atas sajadah'. Caleg PDIP Doddy Akhmadsyah Matondang sudah diperiksa.

"Sudah dipanggil kemarin. Sudah ditangani Polres juga," ujar Kapolsek Cengkareng Kompol Khoiri saat dimintai konfirmasi, Kamis (19/2/2019).

Penjelasansi Kompol Khoiri juga terkesan ngeles. Memberikan kesan bahwa si Doddy tidak sedang kampanye. Kebetulan hujan, sajadah yang dia istilah karpet di jemur di datas panggung, lalu si Doddy ada disitu dan berjoget di atas karpet.

Ngak ada keterangan, kenapa Polisi tidak menginterogasi, apakah anda tahu bahwa yang anda pijak itu sajadah untuk orang sholat. Kalau anda tahu kenapa tidak diambil atau di gulung dan disimpan.

Kalau ujaran kebencian saja kena UU ITE, apakah perbuatan, sekali lagi perbuatan kebencian dan pelecehan terhadap sarana bersujudnya ummat beragama tidak dapat dikenakan UU ITE?. Saya tidak mengerti.
 
Tetapi yang pasti Polisi mencoba menyederhanakan persoalan. Apakah karena si Doddy itu Caleg dari PDI-P sebagai Partai Pemerintah, sehingga Polisi harus berpikir berkali-kali. Apalagi seorang  Kapolsek yang begitu mudahnya untuk di mutasi.

Jadi bagi PDI-P persoalan si Doddy ini, perlu diselesaikan secara organisasi.  Kalau PDI-P tidak ingin di cap masyarakat yang mentolerir kelakuan seperti si Doddy, jangan disalahkan penilaian masyarakat bahwa PDI-P partai yang tidak murni dan tulus menjalankan ideologi  Pancasila sebagaimana yang di semboyankan selama ini.
 
Sebagai caleg PDI-P wilayah Jakarta, si Doddy tidak cukup minta maaf saja.  DPW PDI-P Jakarta harus mencabut pencalonannya sebagai Caleg. Kalau perlu di berhentikan sebagai kader PDI-P. Tunjukkan jati diri mu sebagai partai yang Pancasilais, dengan menjunjung tinggi nilai moral, dan nilai kesucian agama. Apapun agamanya.

Bagi anda Doddy, sebagai seorang terdidik, perlu mengkaji ulang perjalanan hidup anda dalam bermasyarakat. Sensitifitas sebagai politisi perlu di asah. Begitu entengnya  anda berjoget di atas sajadah, suatu bukti nyata tidak terasahnya sensitifitas tersebut.
 
Saya tidak membayangkan jika anda menjadi anggota DPR, di beri amanat untuk merumuskan garis-garis kebijakan publik dalam penyelenggaraan pemerintahan, akan semakin hancur peradaban bangsa ini.
 
Polisi tidak boleh berhenti sampai dengan keluarnya ucapan maaf. Tidak cukup. Harus di gali apa motivasinya. Apa memang ada strategi besar menghancurkan moralitas beragama Ummat Islam. Sudah ada pihak yang mengadukannya. Polisi harus respon sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.

Tunjukkan jati diri Polisi yang katanya melayani seluruh masyarakat. Apapun warna partainya. Apapun warna kulitnya. Apapun warna kekuasaannya. Apapun warna duitnya. Proses, ajukan ke pengadilan. Sebagaimana hal yang sama sudah Polisi lakukan terhadap Ahmad Dani.  Di proses  pengadilan bahkan dengan proses pengadilan berlapis.
 
Diseluruh dunia, Polisi adalah pengayom masyarakat, pelindung masyarakat. Bukan pengayom dan pelindung kekuasaan. Polisi tidak boleh ikut bermain kekuasaan dan tidak boleh bermain mata dengan kekuasaan. Jika  itu terjadi, selesai lah kita sebagai negara hukum. [***]

Dr. Chazali H. Situmorang
Dosen FISIP UNAS-Pemerhati Kebijakan Publik

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA